photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Ketika Menulis Menjadi Indah

12 May 2011

Suatu ketika menulis itu bisa menjadi hal yang indah. Semuanya bermula dari hanya sekedar tahu ada istilah yang namanya blog, lalu secara tak sengaja sering lewat dan membaca beberapa artikel di blog-blog orang lain melalui situs pencari google. Kemudian juga ada beberapa teman yang terlihat aktif ngeblog. Tapi itu semua tak cukup di kala itu untuk menjadikanku seorang blogger dan penulis seperti sekarang, walaupun masih seorang pemula dan baru berjalan lebih kurang satu bulan lamanya.

Blog sendiri sebenarnya sudah lama ku punya. Hanya saja setelah membuat akun baru untuk sebuah blog, tak ada kelanjutannya. Mungkin pernah beberapa kali aku buat sebuah akun blog tapi tak ada tulisan yang kutampilkan. Detikcom dan kejadian di bulan Maret lah yang membuatku tiba-tiba mendapat ilham sekaligus terobsesi untuk selalu menghasilkan tulisan-tulisan baru seperti sekarang ini.

Kuakui detikcom sangat berperan dalam hal ini. Diakibatkan seringnya mengakses berita online melalui situs ini, diriku berkenalan dengan blogdetik dan melihat tulisan-tulisan orang-orang di dalamnya. Wah, ikutan ah di blogdetik , pikirku ketika itu, aku juga ingin lah punya tulisan-tulisan sendiri yang bisa tersaji secara online seperti yang dimiliki orang-orang. Paling tidak daftar aja dulu. Hingga terdaftarlah diriku di blogdetik. Lalu seperti yang sudah-sudah, aku kembali tak menghasilkan sebuah postingan untuk mengisi blogku.

Kemudian di bulan Maret 2011 ketika kasus terorisme kembali merebak di Indonesia yang banyak diberitakan media-media, termasuk oleh detikcom, aku memperhatikan beberapa komentar pembaca yang lebih layak disebut dengan komentar yang provokatif. Mereka adalah pembaca-pembaca yang berkomentar sekedar untuk bermain-main, bercanda, mengeluarkan cacian, hinaan yang sering tak berada di tempatnya dan bisa membuat kuping pihak-pihak tertentu, termasuk diriku, memanas. Lalu merasa tak senang dengan situasi ini, dan adanya dorongan besar di dalam diri untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat menyangkut isu ini, akhirnya muncullah tulisanku yang pertama di blogdetik, sambil berharap banyak pihak yang bisa mengambil manfaat dari tulisanku.

Mungkin tepat sebagian orang berkata bahwa hal yang paling berat adalah untuk memulai sesuatu. Ketika kita sudah memulai mengerjakannya, maka jalan pasti akan terbuka lebar. Diawali dengan tulisan pertama, muncullah tulisan kedua, kemudian ketiga, dalam rentang waktu yang tak terlalu lama.

Karena diriku menulis didasari oleh sebuah topik yang berkembang waktu itu di masyarakat, maka setelah topik itu mereda, aku sempat mengalami kevakuman dalam menulis, hingga akhirnya muncul sebuah kejadian unik yang lain, dimana dalam suatu percakapan dengan teman ia berkata, Paling tidak mahasiswa harus punya blog lah, minta blog kamu donk!

Pertanyaan itu sebenarnya sebuah pertanyaan yang sederhana, tapi entah mengapa efeknya begitu besar buatku. Ketika diminta alamat blogku saat itu, aku hanya bisa menjanjikannya di lain waktu dengan berbagai alasan. Sebenarnya alasan utama adalah aku kurang percaya diri dengan blogku yang ada, yang memiliki tampilan apa adanya termasuk sidebar nya, ditambah dengan tulisan yang terbatas dan hanya menyangkut satu topik tulisan saja. Aku harus benahi blogku biar lebih menarik, dan mengisinya dengan berbagai macam tulisan yang bagus, kataku dalam hati. Maka mulailah diriku belajar mengenal berbagai hal yang bisa disetting di bagian admin blog, lalu memperhatikan blog-blog orang lain, melakukan google searching, untuk bisa memperbaiki tatanan dan memperindah sidebar blogku. Aku pun selangkah lebih dekat dengan blogku.

Di saat itulah aku memperhatikan bahwa detikcom bisa memunculkan beberapa postingan pilihan ke halaman utama detikcom, dan bagaimana posting pilihan akan membawa banyak orang masuk ke dalam blog tersebut dengan meninggalkan berbagai komentar. Diriku yang sebenarnya memiliki sifat kompetitif, ditambah lagi dengan merasa tertantang dengan keberadaan sebuah widget penghitung jumlah pengunjung ke situs blogku, timbullah hasrat untuk membuat tulisan yang bisa menarik perhatian banyak orang atau dipilih sebagai salah satu postingan pilihan oleh blogdetik.

Akibatnya bisa diduga sendiri, empat tulisan baru tiap hari secara berturut bisa ku posting ke blogku. Bagusnya lagi, selama melakukan penulisan, muncul kepuasan tiap kali sebuah tulisan berhasil kutampilkan. Secara tak sadar, hasrat menulis ku muncul ke permukaan. Menulis mendadak menjadi sebuah kebutuhan, dan sebuah karya tulis mendadak bagaikan sebuah keindahan.

Aku belum melupakan keinginan untuk suatu saat tulisanku bisa masuk dalam kategori postingan pilihan oleh direksi blogdetik, walau diriku saat menghasilkan tulisan-tulisan yang lalu semata-mata karena ingin mengekspresikan apa yang ada di hati dan pikiran saja. Lalu dengan memperhatikan beberapa tulisan yang berhasiljadi headline, aku pun mendapat sebuah ide tulisan dan merasa agak percaya diri tulisanku ini masuk. Lalu kubuatlah sebuah artikel tulisan, ku posting, dan berharap-harap menjadi headline.

Dan sungguh senang hatiku keesokan harinya, impianku menjadi kenyataan. Tulisanku masuk ke dalam kategori pilihan, dan masuk ke dalam halaman utama detikcom. Aku pun menikmati pengunjung yang mendadak masuk dengan jumlah banyak dalam satu hari itu. Diriku puas, lega, dan gembira. Tulisan yang khusus dirancang agar masuk headline, benar-benar dijadikan headline.

Semenjak itu, menulis benar-benar menjadi semakin indah. Diriku menikmati kegiatan menulis, dan berbagi tulisan dengan orang lain. Aku pun sadar harus menulis secara teratur danterus menerus agar tulisanku bisa muncul dalam posisi bagus di mesin pencari semisal google. Dan di atas itu semua, yang terpenting adalah diriku bisa menikmati hobi baru ku ini yakni menulis. Dan aku akan manfaatkan momen ini untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas tulisanku. Mana tahu menulis merupakan bakat terpendam dari diriku, dan mana tahu dengan menulis akan memberi efek positif pada masa depanku. Dan layak kiranya aku berterima kasih pada blogdetik yang sudah membantu mengembangkan hobi baru yangpositif ini di diriku.

Selain tulisan “ketika menulis menjadi indah” ini, klik dan baca juga tulisan yang berkaitan : “Congratulations, Your Website Is Extremely Popular” ; Terima Kasih Buat Blogdetik.


TAGS Menulis Blogdetik ngeblog


-

Search

Tulisan Baru