photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Peringatan Bahaya Rokok Dalam Bentuk Gambar

22 Jun 2011

Berbeda dengan Indonesia yang masih memberi label bahaya rokok berbentuk tulisan, banyak negara lain di dunia yang sudah mencantumkan peringatan bahaya rokok dalam bentuk gambar pada kemasan rokok.

Di antaranya adalah sembilan gambar terbaru yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat yang harus disertakan dan menutupi setengah bagian atas tiap kemasan rokok, yang sudah harus diberlakukan sejak September 2012. Dengan ini Amerika Serikat pun bergabung dengan 40 negara lainnya yang sudah mengharuskan tiapkemasan rokok mencantumkan peringatan bahaya rokok dalam bentuk gambar, termasuk di antaranya negara tetangga kita Malaysia dan Singapura.

Gambar-gambar yang akan dipakai pada kemasan rokok tersebut benar-benar gambar yang besar, tampak nyata, grafis, yang menggambarkan betapa bahayanya merokok, disertai dengan tulisan penjelasan. Di antara gambar-gambar tersebutadalah seorang wanita kurus yang menangis tersedu-sedu disertai tulisan bahwa merokok menyebabkan kanker paru-paru bagi yang bukan perokok; gambar ibu dan bayinya dengan latar belakanggambar janin dengan tulisan asap rokok membahayakan anak; foto paru-paru pemakai rokok yang mengerikan, disandingkan dengan foto paru-paru normal; foto kerusakan gigi yang parah dan kanker mulut yang dialami seorang perokok; foto mayat perokok dengan bekas jahitan operasi di dada yang tampak jelas; foto seseorang yang diberi selang bantuan pernafasan di hidung dan mulut beserta tulisan merokok menyebabkan stroke dan penyakit jantung; dan sebagainya.

Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata kita masih dalam tahap penyusunan draft RENCANA Peraturan Pemerintah tentang pengamanan zat adiktif produk tembakau, dimana termasuk pencantuman peringatan bahaya rokok dalam bentuk gambar. Padahal sebenarnya hal ini sudah lama diamanatkan oleh UU kesehatan, yakni UU No 36/2009, terutama pada pasal 114. Dan kita pun sudah tertinggal dari negara tetangga kita belasan tahun lamanya menyangkut hal ini.

Mengingat rokok sekarang sudah menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia, danpaling banyakterjadi di negara berkembang, perlu kiranya pemerintah benar-benar serius menangani hal ini. Peringatan bahaya rokok dalam bentuk gambar termasuk di antara hal yang bisa menyokong kesuksesan program anti-rokok karena pesan berbentuk gambar yang jelas dan besarpastinya akan lebih berkesan dan lebih mudah dimengerti daripada sekedar tulisan-tulisan kecil yang tertera di antara label dan sekian banyak tulisan pada bungkus rokok.

Tulisan peringatan bahaya rokok dalam bentuk gambar ini diikutsertakan dalam ASKAT di blognya Pakde Cholik.


TAGS anti rokok kebijakan pemerintah bahaya rokok


-

Search

Tulisan Baru