photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Bahaya Penggunaan Internet Berlebihan : Pengecilan Otak dan Berkurangnya Daya Ingat

16 Jul 2011

Terdapat bahaya penggunaan dan ketergantungan yang berlebihan terhadap internet, terlihat dari hasil dua penelitian terpisah yang baru-baru ini dilakukan, yang satu di berbagai rumah sakit dan universitas di China, sementara yang lain dilakukan oleh Columbia University, New York, Amerika Serikat. Penelitian di Cina memperlihatkan kerusakan dan pengecilan di banyakbagian penting otak para remaja yang menghabiskan waktunya berjam-jam di depan monitor, sementara penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa ketergantungan pada internet terkait erat denganpenurunan daya ingat.

Penelitian di China melibatkan ahli saraf dan radiologi. Penelitian dilakukan terhadap remaja yang berusia 19 tahun, yang dibagi dalam dua kelompok.Kelompok pertama adalah remaja yang menghabiskan waktu 8 sampai 13 jam sehari selama 6 hari seminggu di depan internet. Mereka juga dinyatakan positif mengalami kecanduan internet berdasarkan pada jawaban atas 8 pertanyaan yang diajukan pada mereka yang menunjukkan apakah seseorang mengalami gejala kecanduan internet atau bukan. Lihat modelpertanyaannya, sekaligus untuk mengecek apakah anda termasuk ke dalamkelompok yang kecanduan internetdengan mengklik DISINI.

Kelompok kedua adalah remaja yang hanya menghabiskan waktu kurang dari 2 jam sehari di depan internet. Hasil scan MRI pada otak, baik pada bagian permukaan atau cortex (daerah abu-abu/grey matter)maupun bagian dalam (daerah putih/white matter) akan dapat membandingkan perbedaan pada otak kedua kelompok remaja tersebut.

Bagian permukaan otak atau cortex, yang terdiri dari banyak lipatan, adalah bagian yang berperan penting dalam berbagai fungsi penting antara lain kontrol motorik/gerak tubuh,emosi, ingatan/memori, bicara, penglihatan, pendengaran,dsb. Pada kelompok pertama yang mengalami kecanduan internet, banyak bagian-bagian cortex otak yang mengalami pengecilan atau perubahan struktur. Semakin lama kecanduan berlangsung maka akan semakin parah perubahan pada otaknya. Sementara itu terjadi juga perubahan di bagian dalam otak (white matter) yang merupakan jalurtempat terhubungnya saraf-saraf penghubung untuk bagian-bagian yang berbeda pada cortex.

Menyangkut penelitian di China ini, para ilmuwan di belahan dunia lain termasuk di Inggrismenganggapnya sangat-penting dansignifikanyang menunjukkanefek buruk yang sangat nyata terhadap pemakaian internet yang berlebihan pada otak. Dan hasil penelitian ini harusnya menyadarkan kita semua, terutama bagi para remaja dan anak-anak. Hal ini juga menguatkan imbauan sebelumnyadari banyak ilmuwan saraf lainnya tentang keterkaitan penggunaan komputer dan situs jejaring sosial dengan rendahnya kemampuan dan tingkat konsentrasi pada anak-anak.

Sementara itu, penelitian yang terpisah yang dilakukan oleh Columbia University menunjukkan ketergantungan kita pada internet sebagai sumber informasi mengakibatkankita mudah melupakan informasi tersebut karena otak kita terlanjurmengalami adaptasi dan terkondisikan karena kitatahu dimanakita bisamencari informasiyang dibutuhkanlewat internet, baik melalui mesin pencari google, bing, yahoo, ataupun database seperti wikipedia, dsb. Akibatnya otak nyaris tak berusaha untuk mengingat informasi yang kita dapatkan tersebut. Hal ini juga mengubah pola pergaulan dimana sebelumnya orang-orang lebih mengandalkan orang lain dan teman-temannya untuk mendapatkan suatu informasi. Apa efek jangka panjangdari menurunnya kemampuan mengingat informasi ini, dan apakah hal ini berakibat sangat negatifmasih belum jelas dan harus dikaji lagi.

Yang jelas kedua penelitian tersebut memperlihatkan bahwa ketergantungan manusia pada penggunaankomputer dan internet yang berlebihan dewasa ini terbukti nyata membawa dampak/efek negatif, terutama bagi remaja dan anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Teknologi memang membawa kemudahan dan banyak manfaat, tapi bisa membawa pada keburukan jika tak bijaksana menggunakannya.

Sumber Referensi:

1) http://www.telegraph.co.uk , 15 Juli 2011

2) http://www.dailymail.co.uk, 15 Juli 2011

Baca (klik) juga artikel terkait : Pornografi Internet Mengganggu Kemampuan Seksual Pria Terhadap Pasangannya


TAGS hasil penelitian info kesehatan bahaya internet kerusakan otak akibat internet susah lupa dan kecil otak


-

Search

Tulisan Baru