photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Obat Antiretroviral Mencegah Penularan HIV/Aids

16 Jul 2011

Pengobatan dan pencegahan HIV/Aids mengalami satu langkah maju dengan hasil dari dua buah penelitian baru yang dilakukan di Afrika. Dalam suatu ujicoba yang dilakukan University of Washington dan ditempat terpisah oleh United States Centres for Disease Control (CDC) menunjukkan bahwamengkonsumsi obat antiretroviral (obat yang diberikan pada penderita HIV/Aids) setiap hari mampu mengurangi dengan cukup signifikankemungkinantubuh tertularHIV.

Universitas Washington melakukan ujicoba pada 5000 pasangan di Kenya dan Uganda, dimana salah satu dari mereka adalah penderita HIV sementara yang lain tidak. Kemudian bagi yang belum terinfeksi HIV tersebut dibagi ke dalam tiga kelompok yakni yang diberikan obat HIV tenofovir, kombinasi obat HIVtenofovir dan emtricitabine (disebut juga dengan Truvada), dan yang terakhir tanpa obat. Hasilnya dibandingkan dengan yang tak diberikan pil obat HIV, jumlah yang terinfeksi HIV dari pasangannya bagi yang meminum obat HIV tenofovir lebih sedikit 62%, sementara yang meminum kombinasi obat penurunan jumlah yang terinfeksi HIV mencapai 73%.

Di tempat terpisah, United States Centres for Disease Control bekerja sama dengan kementrian kesehatan Botswana menunjukkan penurunan jumlah laki-laki dan wanita yang aktif secara seksual terjangkit HIV hingga 63% bagi mereka yang meminum obat antiretroviral Truvada (kombinasi tenofovir dan emtricitabine ) setiap harinya.

Kedua hasil ini akan dipresentasikan minggu depan di international Aids Society Conference on HIV Pathogenesis di Roma, Italia.

Walaupunhasil yang ditunjukkan kedua penelitian itu memberikan prospek yang cerah untuk penurunan jumlah penularan infeksi HIV di seluruh dunia,penggunaan obatantiretroviraluntuk mencegah penularan HIVmasih perlu dilakukan ujicoba yang lebih luas dan lebih baik lagi.Oleh karena itu,bagi yang masih tergolong HIV negatif (tidak terinfeksi HIV) tetap disarankan untuk melakukan upaya pencegahan sebagaimana yang disarankan antara lain tidak melakukan seks bebas, setia pada pasangan, menggunakan kondom, dsb.

Yang jelas hasil penelitian itu sangat memuaskan dan memberikan peluang pencegahanpenularan HIV/Aids dari kontak seksual, terutama dengan kemungkinankombinasi penggunaan kondom dan meminum obat antiretroviral HIV.


TAGS info kesehatan penelitian HIV fungsi obat antiretroviral


-

Search

Tulisan Baru