photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Protein Bagi Penderita / Terkena Serangan Stroke Agar Bisa Hidup Normal

26 Jul 2011

Sebuah penelitian di Stanford University, Amerika Serikat berhasil menemukan sebuah protein yang berpotensi mampu menghentikankerusakan otak lebih lanjut bagi penderita stroke sehingga memungkinkan mereka masih bisa hidup normal seperti bisa makan, berjalan, atau berganti pakaian tanpa dibantu orang lain. Protein yang dimaksud adalah proteinalpha B crystallline, yang sebenarnya secara alami diproduksi oleh otak untuk melindunginya ketika serangan stroke terjadi, hanya saja jumlah yang diproduksidi dalam tubuh jauh dari cukup sehingga gagal membendung kerusakan parah di otakakibat stroke.

Protein alpha B crystalline tersebut terbukti berperan vital dalam melindungi otak tikus, yang fungsi biologi tubuhnya sangat mirip dengan manusia. Tikus yang tidak mampu memproduksi protein tersebut mengalami serangan stroke yang lebih parah,kemudian mengalamitingkat kelumpuhan yang lebih parah, dibandingkan tikus yang mampu memproduksi protein tersebut secara alami.Memberikan protein alpha B crystalline kepada tikus yang mengalami stroke bahkan sampai setelah 12 jam ia terkena stroke, tetap mampu menghentikan kerusakan bagian-bagian otak yang terjadi karena penyumbatan pembuluh darah menuju otak yang biasa terjadi pada penderita stroke.

Selain mempu melindungi otak dari kerusakan, protein alpha B crystalline juga mampu mengurangi produksi senyawa-senyawa kimia anti radang yang memang secara alami ditingkatkan produksinya oleh tubuh pada saat stoke terjadi, yang bisa menambah penderitaan penderita stroke. Malahan protein Alpha B crystalline membantu meningkatkan produksi senyawa-senyawa yang memberikan efek perlindungan dari kerusakan bagian-bagian dalam tubuh. Tak ada juga efek samping yang ditemukan akibat pemberian protein alpah B crystalline tersebut.

Hasil penelitian ini walaupun perlu diteliti lebih lanjut lagi agar protein alpha B crystalline ini benar-benar bisa dijadikan obatdan dilempar ke pasaranmelalui berbagaitahap pengembangan sebuah obat, termasuk ujicoba ke manusia, tetap membawa berita gembira dan prospek yang bagus ke depannya bagi penderita stroke. Terutama akan meningkatkan kualitas hidup bagi orang-orangyang mampu bertahan hidup setelahterkenaserangan stroke.Hasil penelitian tentang protein bagi penderita stroke agar bisa hidup normal ini sudah dipublikasikan di dalam jurnal ilmiah yang tergolong bergengsi di dunia, yakni jurnal Proceedings of The National Academy of Sciences (PNAS).


TAGS obat pengobatan


-

Search

Tulisan Baru