photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Walau Kalah (Lagi), Apresiasi Buat Semua Pemain Timnas Sepakbola Indonesia

11 Oct 2011

Indonesia kembali menelan kekalahan di pertandingan pra piala dunia 2014. Kali ini dikandang sendiri kalah dari Qatar dengan skor 2-3. Bagaimana perasaan pembaca, pemerhati dan pecinta sepakbola Indonesia ? Saya sendiri tetap akan meng - apresiasi semua pemain timnas sepakbola kita.

Memang dengan kekalahan ketiga dari tiga kali main ini membuat peluang untuk lolos ke babak selanjutnya nyaris tertutup rapat. Akan tetapi melihat permainan yang diperagakan para pemain timnas kita, tak perlulah kiranya terlalu bersedih hati. Mereka tergolong bermain bagus bagi sebuah timnas Indonesia, dan mereka terlihat sudah berusaha mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Kenyataannya memang baru segitulah kualitas sepak bola Indonesia, jadi mau bagaimana lagi.

Lagipula bagaikan sebuah kemustahilan Indonesia akan sukses di babak kualifikasi pra-piala dunia ini sehingga bisa lolos ke piala dunia dengan kondisi sepakbola dalam negeri sendiri yang masih carut marut dan dikelola tidak secara profesional. Bagaimana mungkin akan menghasilkan pemain-pemain sepakbola yang handal dan hebat yang bisa bertarung dan bersaing di level atas dunia jika pembinaan pemain muda saja tak berjalan baik, atau jika ada pun hanya dikelola dengan kualitas di bawah standar dunia. Jadi jangan salahkan pemain yang ada saat ini karena memang mereka lah stok pemain terbaik yang baru bisa dihasilkan dan dimiliki dari sistem sepakbola Indonesia, dimana hanya bisa bersaing di level Asia Tenggara atau untuk menghadapi negara-negara yang levelnya setara dengan kita.

Salahkan diri kita sendiri yang tak kunjung mampu meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia melalui sistem pembinaan dan pengelolaan sepakbola yang profesional. Jika sepakbola sudah dikelola dengan profesionalitas tinggi, pasti pemain-pemain hebat berkelas dunia akan muncul dengan sendirinya dari bumi Indonesia ini.

Jadi, tetap salut buat kalian semua para pemain tim nasional yang sudah mampu memberikan penampilan yang baik (terbaik) yang bisa kalian miliki. Paling tidak, penampilan kalian tidaklah sejelek dan se-mengecewakan seperti pertandingan sebelumnya.

Untuk ke depannya semoga ada perubahan nyata ke depannya dalam penataan sepakbola Indonesia. Apalagi dengan kepengurusan baru yang masih seusia jagung ini yang mengemban misi memajukan sepakbola Indonesia.

Sepakbola terlanjur menjadi olah raga terfavorit di Indonesia, digandrungi semua kalangan, tua maupun muda. Jadi beban berat sebenarnya ada di punggung kalian para pengurus dan praktisi sepak bola nasional untuk memberikan kebanggaan dan kepuasan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Jika Indonesia memiliki tim nasional berkelas dunia, apalagi tampil di piala dunia, tentu betapa senang dan bangganya seluruh rakyat Indonesia, yang sebenarnya sudah sangat haus akan sebuah prestasi di balik kocar kacirnya kehidupan di berbagai bidang di Indonesia. Nama Indonesia pun tentu akan terangkat dan bertambah harum di mata dunia. Semoga cita-cita yang terpendam ini bukanlah semata-mata impian belaka, yang tak akan pernah menjadi kenyataan. Putaran final piala dunia 2014 mungkin sudah lepas dari genggaman, tapi masih ada piala dunia 2018, insya Allah.

Maju terus sepak bola Indonesia.


TAGS sepak bola opini pendapat pra piala dunia 2014 Indonesia vs Qatar


-

Search

Tulisan Baru