photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

“Congratulations, Your Website Is Extremely Popular” ; Terima Kasih Buat Blogdetik

28 Oct 2011

Hari ini ketika mencoba masuk ke halaman website w3counter untuk melihat data-data statistik blog, tiba-tiba saya dikejutkan dengan kalimat peringatan yang tak pernah diperoleh sebelumnya : ” Account Limit Exceeded” atau dalam bahasa Indonesianya kira-kira berarti “melebihi batas akun anda”. Sempat kaget, ternyata di bawahnya ada sejenis ucapan selamat : “Congratulations, your website is extremely popular !” yang artinya adalah “Selamat, situs anda sangat populer!”.

Sebenarnya hal tersebut bukanlah benar-benar berita bagus. Ucapan selamat hanya di awal saja, dan bukan juga berarti saya mendapatkan sesuatu yang sifatnya bonus atau hadiah seiring mendapatkan ucapan tersebut.Itu cuma basa-basi situs w3counter saja sebelum mengatakan bahwa saya tak bisa mengakses data-data statistik blog saya disana karena pada hari ini page views blog saya melebihi angka 5000 yang merupakan batas maksimum bagi akun gratis di w3counter. Intinya saya diminta meng upgrade status akun dari free (gratis) menjadi pro (berbayar). Tentu saja untuk saat ini saya belum mau karena blog saya jumlah pengunjungnya masih berfluktuatif (walaupun entah kenapa dalam dua minggu ini traffic nya luar biasa dan mengalami peningkatan lima hingga sepuluh kali lipat) dan ada kemungkinan traffik pengunjung akan kembali normal dalam beberapa hari, sementara di sisi lain masih ada situs alternatif lain yang menyediakan layanan jasa sejenis secara gratis.

Akan tetapi secara umum memang ada betulnya ucapan selamat “Congratulations” tersebut. Ya… paling tidak ucapan itu layak diberikan bagi blog saya untuk beberapa hari belakangan ini, khususnya pada hari ini yang pengunjungnya membludak tak seperti biasa hingga melebihi angka 5000. Dan sejujurnya ada sedikit perasaan terhibur ketika menerima ucapan selamat tersebut, walau sebenarnya tak ada artinya.

Tapi memang ada sedikit keanehan (dalam artian positif) selama bulan Oktober ini, atau tepatnya memasuki bulan ke-6 blog ini aktif. Jumlah pengunjung harian rata-rata berkisar antara 1000 dan 2000, padahal bulan-bulan sebelumnya rata-rata hanya antara 100 - 200 pengunjung per hari. “Kenapa hal ini bisa terjadi ?”

Yang jelas jumlah pengunjung yang tiba-tiba membludak bukanlah karena saya tiba-tiba rajin berkunjung ke blog banyak orang. Malah sebaliknya, dalam 3 bulan terakhir nyaris tidak melakukan blog walking karena kesibukan yang ada. Menulis pun sangat jarang dan nyaris vacuum dalam dua bulan terakhir. Data yang ada juga menunjukkan bahwa pengunjung yang datang ke blog saya sebagian besar berasal dari mesin pencari google (data terakhir yang sempat saya lihat menunjukkan angka statistiknya pada kisaran 80%). Artinya ada di antara tulisan-tulisan saya yang mudah muncul dan berada di jajaran teratas hasil pencarian di google.

Blogdetik berperan besar terhadap status blog saya ini. Bagaimana tidak, kalau bukanlah karena blogdetik sempat menempatkan beberapa tulisan saya di kolom headlines atau menempatkannya di halaman utama detikcom / detiknews, tak akan mungkin dalam waktu relatif singkat saya yang malas berkunjung ke blog orang bisa memperoleh jumlah pengunjung rata-rata harian blog seperti saat ini. Apalagi saya adalah seorang blogger pemula, yang baru mulai aktif ngeblog semenjak akhir April 2011. Selain menolong mengangkat status blog pemula yang baru jadi, dengan berada di halaman utama situs detikcom atau detiknews tulisan kita akan dilirik banyak orang. Di antara sekian banyak orang tersebut pasti ada yang menandai link tulisan kita untuk ditempatkan pada situs-situs tertentu jika mereka menganggapnya bagus atau menarik. Otomatis blog kita pun mendapatkan tambahan backlink secara cuma-cuma, yang bisa jadi diantaranya adalah backlink yang berkualitas. Otomatis hal tersebut akan membantu dalam penghitungan dan posisi page rank blog.

Kemungkinan pertama alasan mudahnya sebagian tulisan saya muncul di mesin pencari google adalah terkait dengan page rank blog ini. Memang saat ini tertulis page rank blog ini adalah 3. Tapi sebagaimana yang saya ketahui dari membaca, yang tertulis saat ini sebenarnya bukanlah gambaran nilai sebenarnya. Bisa jadi page rank yang sesungguhnya lebih tinggi atau lebih rendah dari angka yang tertera.

Kemungkinan kedua, bisa jadi beberapa tulisan tersebut ditulis dengan menggunakan prinsip kata kunci (keywords) yang baik. Saya tak tahu betul sebenarnya menyangkut hal ini. Akan tetapi pernah saya baca tulisan di blog orang lain bahwa menulis artikel berdasar kata kunci yang sudah dipatok dan menempatkan kata kunci tersebut pada judul dan juga beberapa kali dalam isi tulisan akan memudahkan tulisan tersebut diakses orang lain melalui mesin pencari, seperti google.

Kemungkinan ketiga, bisa jadi terkait dengan topik tulisan yang saya buat semenjak pertengahan bulan Oktober ini adalah topik-topik menarik dan sedang dicari banyak orang, yang kebetulan kurang diekspos atau tak begitu banyak termuat di situs-situs lainnya. Jika memang begitu, tak heran mereka akan relatif lebih mudah menemukan beberapa tulisan saya dari mesin pencari google. Feeling saya sendiri lebih condong dengan kemungkinan ketiga ini sebagai alasan.

Kemungkinan keempat adalah faktor lain di luar yang saya sebutkan di atas. Tak menutup juga kemungkinan ketiga faktor di atas semuanya turut berperan serta menyangkut hal ini. Entahlah…..

Yang jelas, pastinya blogdetik memegang peran sangat penting dan strategis, di antaranya sebagaimana yang telah saya jelaskan di atas. Apalagi blogdetiklah yang berhasil menjadikanku aktif ngeblog dan rajin menulis seperti sekarang sebagaimana pernah saya ungkapkan di artikel sebelumnya yang berjudul : Ketika Menulis Menjadi Indah. Padahal, saya sempat terdaftar di blog-blog yang lain sebelum mengenal blogdetik, tapi pada blog-blog tersebut tak ada tindak lanjut untuk mengisinya dengan tulisan-tulisan.

Oleh karena itu, tak segan kiranya saya teruskan ucapan selamat “Congratulations” tersebut kepada blogdetik yang telah berperan terhadap perkembangan blog saya ini. “Terima kasih buat blogdetik.”


TAGS Blogdetik ngeblog pilihan blog cara menarik pengunjung blog popular


Comment
  • Agung 5 years ago

    thanx info nya gan

  • wallpaper free hd 5 years ago

    lupa kapan aktifnya,,, cuma iseng2 share wallpaper aje:)

  • honeylizious 5 years ago

    saya juga aktif ngeblog tahun 2011, Mei kemarin :D

    salam kenal ya mas

  • Souvenir Pernikahan 5 years ago

    waduh… kapan ya blogku bisa kyk gtu.. @_@

    selamat deh

-

Search

Tulisan Baru