photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Renin MicroRNas Ginjal, Kunci Penyembuhan (Obat) Penyakit Tekanan Darah Tinggi

4 Nov 2011

Ilmuwan Australia baru-baru ini melakukan terobosan dalam penelitian kunci penyembuhan (obat) penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi), dimana enzim renin aktif yang berperan penting dalam proses timbulnya penyakit ini ditemukan dalam jumlah berlebih (enam kali normal) di ginjal, sementara itu dua jenis micro RNAs yang mampu mengurangi produksi enzim tersebut malah turun jumlahnya enam kali di bawah normal.

Penemuan ini dsebut-sebut sebagai sebuah konsep yang baru dan sangat menarik. Hasil penelitian ini akan membuka peluang penemuan obat tekanan darah tinggi (hipertensi) yang bisa menggagalkan produksi enzim renin langsung dari sumber genetik nya. Ini sangat penting karena pada penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), jumlah kedua macam micro RNAs tersebut sangat jauh berkurang sehingga akibatnya produksi enzim renin menjadi tak terkontrol.

Hasil penelitian dan penemuan ini ditampilkan pada jurnal ilmiah “Hypertension” di bawah naungan Asosiasi Jantung Amerika. Diharapkan penyembuhan (obat) untuk penyakit tekanan darah tinggi bisa ditemukan terutama melalui terobosan penelitian peran renin micro RNAs pada ginjal, sehingga jumlah penderita dan kasus kematian akibat penyakit jantung, pembuluh darah (kardiovaskuler), dan stroke yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi (hipertensi) ini bisa dikurangi.


TAGS hasil penelitian obat pengobatan penyakit jurnal ilmiah tekanan darah tinggi hipertensi


-

Search

Tulisan Baru