photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Page Rank Blog Turun Karena Terlalu Banyak Link Keluar ?

11 Nov 2011

Pada hari ini saya memperhatikan perubahan pada blog ini : page rank blog turun dari PR 3 yang sudah berlangsung selama 6 bulan lamanya semenjak awal pembuatan blog ini lalu sekarang berubah PR nya jadi 2, kemungkinannya karena terlalu banyak link keluar dibandingkan sebelumnya.

Memang sih akhir-akhir ini terutama dalam sebulan terakhir, tulisan di blog ini seringkali mengarahkan pembaca untuk menuju blog lainnya (walaupun masih blog milik saya pribadi), dibandingkan dengan bulan-bulan awal pembuatan blog ini. Kemudian dikarenakan kesibukan, saya sempat tak begitu banyak menulis dalam tiga bulan terakhir ini, terutama dalam menghasilkan tulisan berkualitas, dan lebih memilih untuk menampilkan tulisan yang sifatnya mudah dan cepat dibuat. Makanya mungkin karena hal itulah penambahan banklink berkualitas yang masuk pun relatif sangat sedikit atau barangkali tak ada untuk membantu naiknya atau bertahannya page rank blog ini. Tak heran jika page rank blog ini lalu menjadi turun.

Setiap kali google meng update data page rank untuk semua situs, maka memang akan selalu ditemui kondisi yang berbeda yang dialami situs/blog satu dengan yang lain; ada yang page rank nya naik, ada yang turun, dan ada juga yang tetap. Terkadang perubahan page rank nya sangat drastis, berubah (naik/turun) tiga tingkat. Menyangkut hal itu, banyak orang yang sebenarnya bingung dengan bagaimana cara google menentukan page rank itu sendiri.

Saya sedikit sedih sih dengan turunnya page rank blog ini. Maklum page rank 3 ini langsung diperoleh ketika pertama kali blog ini dibuat dan tetap bertahan seperti itu selama lebih 6 bulan lamanya. Tapi kalau dipikir-pikir bagi seorang blogger, tak seharusnya menempatkan atribut-atribut seperti alexa rank dan page rank sebagai hal yang paling dituju dan dianggap segala-galanya. Selain akan mengikat dan membebani yang punya blog, saya rasa juga kurang tepat ditujukan bagi sebuah blog. Berbeda tentunya dengan pengelola situs-stitus atau website. Yang terpenting bagi seorang blogger adalah terus berkarya dan menulis sambil mengharapkan ada orang-orang yang berkunjung dan membaca tulisan kita. Mudah-mudahan juga bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Tapi terus terang, penasaran juga dengan cara google menentukan page rank. Terutama penasaran dengan kemungkinan page rank blog apa bisa di atas 5. Padahal page rank 5 saja mungkin jarang yang punya. Mungkin lain kali, kalau ada waktu, saya akan mencoba membuat blog khusus yang menampilkan isi-isi yang sangat penting dan bermanfaat sehingga bisa memperoleh back link berkualitas yang banyak, lalu melihat pengaruhnya pada page rank blog tersebut.

Untuk blog ini, semoga ke depannya page rank nya tidak turun lagi dan bisa kembali naik ke PR 3, bahkan lebih tinggi lagi. Saya akan coba mencegah agar tak terlalu banyak link yang keluar setelah page rank blog ini turun sebagaimana sekarang, untuk sekedar melihat apa benar akan ada pengaruhnya, lalu kita lihat bagaimana nantinya posisi page rank blog ini di kemudian hari (Baca dan klik juga artikel terkait : catatan cara menaikkan alexa rank situs atau blog)


TAGS ngeblog tips trik SEO page rank penyebab naik turun page rank cara menaikkan page rank


-

Search

Tulisan Baru