photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Prediksi Juara LigaInggris Berdasar Jadwal Pertandingan Sisa United - Manchester City

24 Apr 2012

Dari segi posisi klasemen terbaru sementara liga premier Inggris, Manchester United (MU) hanya unggul 3 poin atas rival terdekatnya Manchester City dalam persaingan perebutan peringkat pertama liga musim 2011-2012 padahal hanya terdapat 3 sisa pertandingan lagi; maka adalah menarik untuk membuat sedikit prediksi siapa yang akan keluar sebagai juara dengan membandingkan jadwal pertandingan kedua tim sebagai berikut. (Untuk jadwal lengkap bagi keseluruhan tim KLIK DISINI)

Jadwal pertandingan Manchester United :

Manchester City vs Manchester United : Senin, 1 Mei 2012, dini hari

Manchester United vs Swansea : Minggu, 6 Mei 2012, malam hari

Sunderland vs Manchester United : Minggu, 13 Mei 2012, malam hari

Jadwal pertandingan Manchester City :

Manchester City vs Manchester United : seperti di atas

Newcastle vs Manchester city : Minggu, 6 Mei 2012, malam hari

Manchester City vs Queens Park Rangers : Minggu, 13 Mei 2012, malam hari

Mari kita lihat dan analisa lawan yang akan dihadapi MU selain City yakni Swansea dan Sunderland.

Swansea saat ini berada di peringkat 12 dan sudah aman dari zona degradasi. Kemudian data dari 6 pertandingan terakhir, tim ini berturut-turut kalah 4 kali baik di kandang maupun tandang, sebagian besar menghadapi tim-tim kuat dan bahkan kalah atas QPR yang dibawah mereka. Lalu di dua pertandingan terakhir baru mereka sekali menang melawan Blackburn lalu seri menghadapi Bolton; kedua tim tersebut adalah tim dalam posisi tiga terendah. Mengingat data statistik terbaru tersebut, besar sekali kemungkinan MU akan menang menghadapi mereka. Jadi 3 poin untuk MU.

Sunderland juga berada di papan tengah, dengan keunggulan 1 poin satu peringkat di atas Swansea. Artinya juga sudah aman dari zona degradasi. Dari data pertandingan terakhirnya, sudah lima pertandingan mereka lewati tanpa kemenangan. Kemenangan terakhir adalah 6 pertandingan yang lalu saat menghadapi QPR yang posisinya di bawah mereka. Kemudian dua kali imbang menghadapi tim kuat seperti City dan Tottenham, lalu kalah atas tim kuat lain Everton, dan imbang menghadapi tim-tim di bawah mereka seperti Wolves dan Aston Villa. Hasil imbang yang mereka dapatkan terjadi baik di partai kandang maupun tandang, dan seringkali akhir-akhir ini hanya akibat tanpa gol. Jika melihat trend statistik tersebut, Sunderland artinya susah menang melawan tim papan atas. Artinya 3 poin sangat mungkin didapat MU. Kemungkinan terburuk saja yakni MU hanya imbang melawan tim ini artinya hanya 1 poin tambahan.

Kesimpulannya, di luar menghadapi Manchester City, MU seakan-akan dianggap sangat bisa menambah minimal 4 angka, bahkan sangat sangat mungkin 6.

Bagaimana dengan lawan yang akan dihadapi Manchester City yakni Newcastle dan QPR ?

Adalah mengerikan jika kita melihat statistik akhir-akhir ini yang dimiliki Newcastle. Dalam 6 pertandingan terakhir mereka selalu menang baik di kandang sendiri maupun kandang lawan, dimana dalam 5 pertandingan terakhir selalu menang minimal selisih dua gol. Kemudan kemenangan itu pun didapat dengan melibas tim-tim baik yang relatif kuat seperti Liverpool, tim papan tengah, dan papan bawah. Tak heran tim ini berada di posisi keempat, bahkan mengingat masih kurang jumlah pertandingannya dibanding Arsenal bisa dianggap nilai nya akan sama dengan Arsenal di posisi tiga. Manchester City pasti akan kewalahan menghadapi tim ini yang berjuang masuk zona Liga Champions, apalagi pertandingan nantinya akan dimainkan di kandang Newcastle.

Lawan City lainnya yakni QPR memang berada di peringkat 16 atau zona bawah. Tim ini masih berjuang (dan tentunya dengan semangat) agar tak didegradasi. Selain faktor semangat ingin lolos dari zona degradasi, rekor statistik 6 pertandingan terakhirnya juga patut membuat khawatir Manchester City karena bisa menang melawan tim kuat seperti Arsenal dan Tottenham walau kalah dari MU. Tapi untungnya bagi Manchester City yang akan menjadi tuan rumah bagi pertandingan ini, rekor kemenangan QPR didapat di kandang mereka sendiri; main di kandang lawan dalam 6 pertandingan terakhir QPR selalu kalah.

Kesimpulannya jika MU mungkin di atas kertas bisa dengan mudah meraup 4 poin tambahan, bahkan bisa saja 6 poin penuh; maka Manchester City akan lebih sulit mendapat poin 4 apalagi 6. Artinya seandainya mereka bisa menang dalam partai derby minggu ini di kandang sendiri melawan MU, peluang mereka juara juga masih sulit, dan sangat ditentukan oleh kemampuan dan hasil yang mereka peroleh sendiri. Dan apakah dalam suasana penuh tekanan City bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya ? Kejadian yang sudah-sudah membuat kita meragukan hal tersebut, walau ada kecenderungan positif peningkatan performa City akhir-akhir ini dibandingkan MU.

Belum lagi jika City hanya bisa imbang nantinya melawan MU, maka MU juga hampir pasti juara.

Atau jika MU menang nanti melawan Manchester City, maka ada kemungkinan pesta juara MU terjadi ketika minggu ke-37 yakni ketika City akan kewalahan menghadapi Newcastle.

Berdasarkan jadwal pertandingan sisa antara Manchester United (MU) dan Manchester City berikut dari data-data statistik, akan membuat siapa saja yang berupaya memprediksi secara logis juara liga Inggris musim 2011-2012 ini akan lebih memilih MU, walau kita tak boleh melupakan bahwa bola itu bundar dan hasil-hasil tak terduga bisa saja terjadi, termasuk kemungkinan penampilan luar biasa Manchester City.


TAGS Manchester United MU Manchester City liga premier inggris jadwal pertandingan pertandingan liga Inggris jadwal MU prediksi liga Inggris prediksi juara


-

Search

Tulisan Baru