photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Menemukan dan Memahami Arti Cinta Sejati

27 Feb 2014

Bagi pembaca yang hatinya sedang berbunga-bunga karena sedang jatuh cinta, atau barangkali yang sedang patah hati karena putus cinta atau cintanya ditolak, atau yang memang sedang mengarungi hidup penuh cinta dengan orang-orang yang dikasihi, pernahkah terlintas di pikiran : cinta seperti apa yang sedang dijalani, atau barangkali pernahkah bertanya apa sebenarnya cinta sejati itu?

Cinta adalah salah satu anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada manusia, bahkan bagi semua mahkluk di muka bumi ini. Dengan cinta, seorang ibu rela bersusah payah melahirkan, mengasuh, dan membesarkan anaknya. Dengan cinta sang ayah rela membanting tulang demi menghidupi anggota keluarganya. Dengan cinta manusia yang satu menolong saudaranya yang lain. Dengan cinta sesorang rela membantu orang yang tak dikenalnya. Begitu juga, karena cinta lah induk hewan akan menyusui dan melindungi anaknya.

Suatu rasa kepada lawan jenis juga merupakan salah satu bentuk cinta itu sendiri. Akan tetapi sebuah pertanyaan wajib dilayangkan bagi siapa saja yang mengaku sedang jatuh cinta, apakah yang dirasakan sebuah cinta sejati atau bukan.

Tak jarang seorang remaja menjadi murung dan depresi karena cintanya tak kesampaian. Ada juga malahan yang rela melukai diri atau malahan menghabisi dirinya sendiri. Atau seseorang yang mengalami masalah cinta dengan tega merusak kehormatan dan nama baik orang yang telah menyakitinya, dan yang terkadang membuat miris, malah tega membunuh.

Apakah itu suatu bentuk cinta sejati?

Ada di antara kita yang barangkali cukup akrab dengan istilah “cinta itu tak harus memiliki.” Suatu kata yang terdengar indah, tapi tak jarang susah untuk dilakukan.

Cinta yang sebenarnya adalah suatu bentuk anugerah yang murni dan suci seringkali pada kenyataannya harus tercambur baur dengan obsesi. Ya, seringkali perasaan cinta ditutupi atau dikontrol oleh hawa nafsu ingin memiliki belaka.

Jika kita memendam rasa cinta pada seseorang atau ketika kita dengan berani mengungkapkan cinta pada seseorang, maka sejatinya hal itu adalah sebuah deklarasi hati, mengharapkan segala macam kebaikan untuk yang dicintai.

Ketika anda mencintai seseorang, maka sesungguhnya cinta sejati itu akan membuatnya cukup puas apabila yang dicintai tersenyum dan bahagia. Seseorang yang memiliki cinta murni, sejatinya akan rela berbuat apa saja untuk kebaikan yang dicintainya, walaupun dirinya harus tersakiti.

Tentu saja tak ada yang paling membahagiakan dibanding memiliki utuh orang yang dicintai. Dan sesungguhnya obsesi dan hawa nafsu adalah bagian dari diri manusia itu sendiri. Akan tetapi bagi yang tidak beruntung karena cinta nya tak bisa untuk dimiliki maka sesungguhnya cukuplah baginya rasa cinta itu sebagai anugerah terindah. Jika memang cintanya adalah cinta sejati maka sesungguhnya cukuplah baginya apa saja kenyataan yang berlaku di dirinya. Yang terpenting ia telah berusaha yang terbaik untuk kebaikan dan kebahagiaan yang dicintai.

Dan memang kematangan pikiran turut menentukan seseorang bisa mengontrol rasa cintanya agar tak malah menjadi obsesi. Karena sesungguhnya rasa cinta itu indah, sedangkan obsesi itu merusak. Maka bagi siapa saja yang sedang mengalami rasa cinta berusahalah belajar agar rasa cinta tidak malah berubah menjadi obsesi yang mengganggu kehidupan. Agar tak ada lagi orang-orang yang kehidupannya terganggu karena masalah cinta, dan agar tak ada kasus-kasus konyol yang membuat miris karena masalah cinta.

Dan bagi siapa saja yang sedang jatuh cinta atau pernah tersakiti karena cinta, atau terlanjur terganggu kehidupannya karena cinta, maka mulailah menyikapi rasa cinta itu dengan energi positif. Jika sudah demikian adanya, maka apapun yang terjadi sesungguhnya akan menjadi kenangan manis baginya, dan akan menjadi sebuah pelajaran hidup yang mematangkan dirinya.

Maka janganlah berputus asa karena cinta, dan berusahalah agar cinta tidak menjadi obsesi yang mengganggu kehidupan. Dan wujudkanlah cinta sejati itu dalam kehidupan, maka suatu hari nanti anda akan menemukan pasangan cinta yang terbaik, karena sesungguhnya orang baik hanya akan dipasangkan dengan orang yang baik, dan karena sesungguhnya dengan cinta sejatilah kehidupan akan bahagia.


TAGS arti cinta sejati menemukan cinta sejati tips hidup tips jatuh cinta renungan hikmah


-

Search

Tulisan Baru