photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Tips “Sehat” Memakai Toilet Duduk Di WC Umum atau Yang Tak Ada Air

10 Mar 2014

Bagi yang tak terbiasa menggunakan toilet duduk tapi tak punya pilihan lain seperti misalnya ke luar negeri dimana lebih banyak yang berupa toilet duduk, sedangkan diri sebenarnya merasa jijik untuk menggunakannya apalagi di wc umum yang kadangkala kebersihannya tak sesuai harapan; atau barangkali wc nya tak menyediakan air sedangkan anda tak terbiasa untuk cebok tanpa air, maka disini ada tips-tips yang barangkali bisa diterapkan yang mungkin lebih sehat dan juga aman menggunakannya.

Yang jelas saran saya pertama kali adalah jangan sampai jongkok di toilet duduk dengan kaki menginjak bagian yang seharusnya dipakai untuk duduk karena sangat berbahaya. Jika sampai melakukannya, maka anda beresiko untuk jatuh dengan konsekuensi patah tulang, atau terkilir yang kadang kala disertai dengan efek saraf terjepit di kemudian hari, atau juga pernah kejadian dimana kaki sampai harus tersangkut ke dalam lubang wc tanpa bisa dikeluarkan.

Berikut tips yang aman dan juga lebih sehat dalam memakai toilet duduk di wc umum :

  • Siapkan botol air sebelum anda memasuki toilet umum yang barangkali berguna seandainya di wc umum tersebut tak tersedia semprotan air sementara anda membutuhkannya. Anda bisa menginspeksi tollet terlebih dulu dan jika memang dibutuhkan air maka isilah botol air anda tersebut pada kran air yang selalu tersedia di wc umum.
  • Siapkan juga tissue jika diperlukan. Tapi kebanyakan wc umum terutama di luar negeri selalu menyediakan tissue, baik di masing-masing ruangan toilet, atau barangkali terpisah sendiri di bagian luar.
  • Jika ada beberapa pilihan toilet duduk, maka tentunya pilihlah yang paling bersih diantara toilet duduk yang ada. Tentunya anda tak nyaman dan tak mau menggunakan toilet duduk yang kotor karena bekas kencing atau kotoran lainnya.
  • Siramlah dengan air bagian toilet yang hendak dipakai untuk duduk sampai bersih sehingga anda nyaman menggunakannya. Perhatian : pada beberapa toilet di luar negeri toilet memang dibuat kering dengan alasan kebersihan, maka hendaknya anda punya rasa kepedulian untuk menjaga hal tersebut dengan seminimal mungkin mengurangi air yang jatuh ke lantai.
  • Keringkan dan lap lah dengan tissue bagian tempat duduk toilet yang anda siram dengan air tadi sampai anda yakin dan nyaman untuk mendudukinya.
  • Buang tissue yang dipakai untuk ngelap tadi di tempat sampah yang disediakan atau dibuang ke dalam toilet. Ambil tissue baru, lalu potonglah agak panjang dan jadikan dia sebagai alas untuk duduk anda nantinya. Anda bisa menggunakan beberapa lapis tissue.
  • Duduklah dengan beralaskan tissue di tempat duduk toilet tersebut. Duduklah dengan benar selama menggunakannya, dan ingat siramlah kembali toilet tersebut setelah menggunakannya agar jangan sampai anda meninggalkan ‘bekas” karena tak elok dan karena kita harus menjaga kebersihan.
  • Jika memang kondisi kebersihan toilet sangat parah dan anda tak ada pilihan, maka anda bisa memakai toilet sambil berdiri dengan sedikit membungkukkan badan. Ingat, jangan sampai anda jongkok dengan menginjakkan kaki ke bagian yang harusnya dipakai untuk alas tempat duduk karena sangat berbahaya.
    • Jika tak ada air sedangkan anda tak terbiasa untuk cebok tanpa air, maka anda bisa memanfaatkan botol yang telah diisi air sebelumnya untuk cebok. Atau alternatif lain : gunakan tissue yang ada, dimana anda bisa membasahinya dengan air di dalam toilet lalu dijadikan untuk cebok, lakukan berulang-ulang sampai anda yakin. Lalu gunakan tissue kering untuk cebok setelahnya.
    • Buang semua tissue yang dipakai baik untuk cebok maupun untuk alas duduk ke tempat sampah atau ke dalam toilet.
    • Cuci tangan anda sebelum keluar dari toilet / wc umum.

    Demikian tips-tips “sehat” dari saya, semoga bagi anda yang memang tak terbiasa menggunakan toilet duduk di tempat umum bisa merasa nyaman, aman, dan tentram menggunakannya, dan bagi yang tak terbiasa cebok dengan tissue karena tak ada air bisa juga memanfaatkan tips yang diberikan.


    TAGS tips trik wc tanpa air menggunakan toilet duduk aman menggunakan toilet tips sehat


    -

    Search

    Tulisan Baru