photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Apa Yang Salah Pada Chelsea ? Analisa 4 Pertandingan Awal Yang Buruk

30 Aug 2015

Chelsea mengalami awal musim liga Inggris yang buruk, katanya terburuk semenjak tahun 1971, dengan hanya sekali menang dari empat pertandingan, sisanya dua kali kalah dan sekali imbang, sehingga banyak pengamat mencoba menganalisa apa yang salah pada tim juara liga Inggris musim lalu yang terlihat kacau dan bermasalah pada saat ini.

Dari beberapa analisa yang saya baca, ada banyak masalah dan di Chelsea, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Masalah di lini belakang. Chelsea yang sudah kebobolan 9 gol dari 4 pertandingan menunjukkan ada permasalah serius di lini belakang. Jumlah kebobolan ini bahkan sudah lebih dari 60 % jumlah gol total kebobolan chelsea sepanjang satu musim pertama Mourinho di Chelsea. Maka tak pelak ini menjadi alasan kenapa Chelsea begitu ngebet ingin mendapatkan John Stones dari Everton walaupun sepertinya harus berakhir gagal.

John Terry yang tua sudah mulai lambat, Gary Cahill tak menunjukkan performa solid, dan Ivanovich juga menjadi sorotan tajam dengan performanya yang sering menjadi lubang dan sumber kebobolan. Dalam kekalahan terakhir dari Crystal Palace Mourinho sempat berkomentar ia marah pada dirinya sendiri karena seorang pemain yang tampil sangat buruk terpaksa harus bertahan 90 menit di lapangan hanya gara-gara ia sudah mengganti 3 pemain di lapangan. Walau Mourinho tak menyebut nama tapi banyak pihak yang menganggap sosok tersebut adalah Ivanovich.

  • Lini tengah gelandang bertahan Chelsea, terutama duet Matic dan Fabregas dalam menahan serangan juga disorot. Matic terutama memperlihatkan performa yang jelek dan hebatnya berkelanjutan. Ia dengan mudah dilalui pemain atau bola dengan mudah melewati penjagaannya. Maka tak heran Mourinho sampai menggantinya dengan pemain muda Loftus Cheek tadi malam ketika Chelsea dikalah Crystal Palace, sesuatu yang jarang Mourinho lakukan, selain menurunkan pemain muda lainnya yakni Kennedy. Selain itu Matic juga tidak dibantu baik dengan Fabregas yang performanya juga menurun yang dipertanyakan kebugarannya oleh beberapa orang.
  • Performa Eden Hazard juga tak belum sebagus levelnya di musim yang lalu. Kreasi serangan Chelsea yang jelas kurang dengan penampilan di bawah standar Hazard dan Fabregas, dan juga Ivanovich yang menjadi salah satu full back dalam membantu serangan lewat sayap.  Masalah di lini tengah ini membuat Chelsea ingin mengincar Paul Pogba dari Juventus, entah mereka akan berhasil atau tidak.

Pada intinya pemain-pemain yang menjadi kunci kenapa Chelsea juara di musim lalu penampilannya mengecewakan. Ada masalah besar di lini pertahanan dan gelandang bertahan, sedangkan gelandang serang juga tak sebagus musim lalu.

Hal itu semua yang menjadi alasan utama kenapa Chelsea mengamali start buruk dan sangat kacau di 4 pertandingan awal nya di liga Inggris, selain ada isu isu lain seperti rencana pre-season Chelsea yang buruk dan masalah kesehatan salah satu orang tua Jose Mourinho yang memburuk yang barangkali turut mempengaruhi psikologis Mourinho.

 


TAGS Sepakbola Liga Inggris


-

Search

Tulisan Baru