photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Kabut Asap Tiap Tahun, Pemerintah Membiarkan atau Tak Berdaya ?

10 Sep 2015

Entah kenapa selalu terjadi bencana kabut asap akibat pembakaran lahan tiap tahunnya di negara Indonesia ini, termasuk yang sudah terjadi dalam beberapa minggu atau beberapa bulan belakangan ini di wilayah Sumatera dan juga mempengaruhi wilayah Kalimantan.

Yang menjadi pertanyaan saya adalah kenapa hal ini selalu terjadi berulang-ulang hampir tiap tahun nya ? Apakah pemerintah memang tak mengambil langkah kongkret untuk mencegah kejadian ini terulang lagi terus menerus atau memang sebenarnya “membiarkan” dengan alasan tertentu, dan tak berdaya menghadapinya ?

Kemudian pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah kenapa di era pemerintahan Pak Harto sepertinya kejadian ini nyaris tak terjadi , dan kenapa baru di era reformasi ini kejadian seperti ini terus menerus terjadi ?

Menanggapi pertanyaan saya yang terakhir, salah seorang kenalan saya pernah menyeletuk. Katanya, “Kalau di zaman Soeharto yang jadi mafia dia sendiri aja sih, tapi zaman sekarang mafia nya ada banyak,” selorohnya.

Bisik-bisik yang saya dengar sudah sejak lama memang sebenarnya perusahaan besar yang memiliki perkebunan ikut terlibat. Ketika kadang-kadang pemerintah Malaysia dan Singapore juga ikut heboh akibat negaranya terkena dampak kiriman asap, padahal banyak juga sebenarnya pengusaha asal negara mereka yang terlibat.

Terakhir saya baca komentar Pak SBY yang menyatakan bahwa 70 % itu adalah akibat ulah perusahaan atau pengusaha perkebunan, sementara hanya sisanya saja akibat ulah rakyat biasa dan faktor alam.

Yang jelas permasalahan yang berulan-ulang ini harus dicari jalan keluarnya. Kasihan rakyat di beberapa wilayah Sumatera yang terkena dampak seperti Sumatera Selatan, Jambi, Riau, dan sebagainya, dan juga beberapa daerah Kalimantan. Apa asapnya harus dikirim dulu ke Jawa dan ibukota Jakarta supaya terusik hidung hidung pemerintah dan para wakil rakyat di pusat agar baru mereka serius bertindak ?

Semoga pemerintah bisa lebih profesional dan lebih peduli dengan semua masyarakatnya. Dan secara khusus masalah kabut asap ini bisa dicari pemecahannya agar tak terulang lagi tiap tahunnya agar jangan sampai kita-kita rakyat biasa ini mengira pemerintah tak mampu atau tak kuasa atau malah membiarkan masalah kabut asap ini.

 


TAGS Opini Peristiwa


-

Search

Tulisan Baru