photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Gerhana Matahari : Mitos, Fakta, dan Hal Yang Perlu Dilakukan

5 Mar 2016

Gerhana matahari total akan dialami oleh beberapa wilayah di Indonesia pada tanggal 9 maret 2016 ini; beberapa fakta, mitos, dan hal apa saja yang perlu dilakukan atau disiapkan ketika gerhana matahari terjadi akan dibahas disini.

Peristiwa gerhana matahari total tahun ini eksklusif milik Indonesia karena negara lain tak satupun bisa menyaksikannya. Hal ini harus benar benar dimanfaatkan karena secara perhitungan, gerhana matahari total hanya berulang lagi terjadi di satu wilayah yang sama di bumi sekitar 375 tahun sekali. 

Beberapa fakta lain tentang gerhana matahari diantaranya : 

  • Selain gerhana matahari total dimana bulatan matahari tepat tertutup oleh bulan dari pandangan manusia di bumi, terdapat juga tipe gerhana lain yakni gerhana matahari cincin ketika matahari tampak bagaikan cincin, dan juga gerhana matahari hibrid atau campuran. Lalu di daerah sekitarnya, yang tak terkena bayangan utama (umbra) dari bulan, akan bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian.
  • Gerhana matahari secara rata rata terjadi dua kali dalam setahun di bumi, akan tetapi gerhana matahari total berkisar sekali dalam 1,5 tahun dengan lokasi yg berbeda beda.
  • Gerhana matahari total dimana bulan tepat menutupi matahari seutuhnya terjadi karena jarak bulan ke bumi lebih dekat 400 kali daripada jarak bumi ke matahari, sedangkan matahari diameternya 400 kali lebih besar daripada bulan. Sehingga besar bulan dan matahari bagi orang di bumi nyaris sama. 
  • Tak boleh menyaksikan langsung gerhana matahari dengan mata telanjang, maupun dengan kacamata hitam atau yg bernuansa gelap lainnya, bahkan juga dengan alat teropong lainnya karena bisa menimbulkan kebutaan. Hanya kacamata khusus yang bisa dipakai unt melihatnya langsung atau alat teropong yang sudah dibekali filter yang dibutuhkan. 
  • Ada saat dimana sebenarnya gerhana matahari total bisa disaksikan mata telanjang, asalkan di saat itu matahari benar benar sudah dalam fase gerhana total atau tertutup penuh oleh bulan. Dan ini biasanya berlangsung beberapa menit saja, misalnya unt yang akan di alami di indonesia kemungkinan sekitar 4 menitan. Tentunya beresiko jika kita tak tahu kapan gerhana total benar benar sudah mulai dan berakhir.
  • Proses terjadinya gerhana bisa disaksikan mata telanjang secara tak langsung, seperti dari bayangan matahari di bawah dedaunan pohon atau dari bayangan di air, atau dengan membuat lubang di cermin atau kaleng atau benda lain yang dihadapkan ke matahari lalu berupaya menangkap bayangannya dengan kertas.

Dalam sejarah umat manusia, gerhana matahari sering dikaitkan dengan pertanda jelek, efek kekuatan jahat, atau juga pertanda keajaiban atau petunjuk dari langit, atau tanda kematian atau kelahiran seseorang. Semuanya itu tergolong mitos terkait gerhana matahari.

  • Gerhana dalam sejarah manusia pernah dikaitkan dengan adanya makhluk jahat yang memakan matahari. Maka untuk mengusir kekuatan jahat ini berbagai wilayah di bumi mempunyai mitos menyarankan penduduknya mengeluarkan bunyi-bunyian selama gerhana.
  • Karena dianggap dipengaruhi kekuatan jahat, ada wilayah yang memperlakukan khusus wanita hamil dan anak anak, dan juga melarang memasak ketika gerhana karena dianggap makanannya akan berpengaruh buruk.
  • Raja raja zaman lalu yang dianggap perwakilan dewa matahari akan menganggap gerhana matahari sebagai pertanda jelek kekuasaan mereka. Di kekaisaran cina pernah dibunuh 2 ahli perbintangan karena gagal memprediksi gerhana matahari.
  • Gerhana matahari pernah dikaitkan dengan kekacauan yang muncul di kerajaan Assyiria, kematian raja Henry di Inggris setelah gerhana yang menjadi awal konflik, dianggap sebagian orang terkait kelahiran Nabi Muhammad atau terkait kematian anak lelakinya Ibrahim, atau disalibnya Yesus, dll.
  • Gerhana matahari juga pernah membuat dua kubu yang sedang berperang di Yunani kuno seketika menghentikan perang dan berdamai (seolah olah petunjuk dari dewa).

Beberapa contoh di atas adalah beberapa mitos gerhana matahari yang dikait-kaitkan orang dengan suatu peristiwa atau bencana atau pertanda jelek.

Lalu bagaimana Islam menjelaskan tentang gerhana matahari ?

Gerhana matahari pernah terjadi di waktu Rasulullah masih hidup, diantaranya tepat ketika anak lelaki beliau yg bernama Ibrahim meninggal.

Beliau pun bersabda : “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda diantara tanda tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tak terjadi karena kematian seseorang atau kelahiran seseorang. Jika melihat hal tersebut, berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah sholat, dan bersedekahlah.” (HR.Bukhari no 1044).

Semoga tulisan tentang beberapa fakta dan mitos sekitar gerhana matahari, dan hal apa yang perlu disiapkan dan dilakukan ketika gerhana matahari akan berguna bagi pembaca.

 


TAGS gerhana matahari total fakta mitos gerhana persiapan gerhana matahari islam indonesia umum peristiwa


-

Search

Tulisan Baru