photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Meninggal Karena Tersedak Ternyata Tak Langka Langka Amat

12 Mar 2016

Baru baru ini kita membaca berita di Indonesia ada kejadian seorang mati setelah tersedak dalam sebuah lomba makan; sebuah hal yang keliatannya aneh atau langka, dan barangkali membuat banyak pembaca berita termasuk saya mempertanyakan kenapa bisa terjadi. 

Akan tetapi rupanya meninggal karena tersedak makanan bukan lah hal yang langka langka amat setelah saya melakukan sedikit penyelidikan secara online.

Setelah saya cek google, ternyata lumayan sering kejadian mati tersedak makanan ini. Dan kebanyakan memang sering terjadi pada peserta yang mengikuti lomba makan.

Akan tetapi ada juga kasus dimana kejadian tersedak lalu meninggal ini terjadi bukan pada orang yang sedang ikut lomba makan. Terakhir di Inggris masih di tahun 2016, kejadian ini terjadi setelah seseorang makan burger dengan melahap setengah bagian nya sekaligus dengan tujuan lucu lucu an atau untuk berlagak kepada temannya. Ada juga yang malah hampir mati tersedak gara gara tak sengaja menelan sebagian besar makanan secara langsung dan pengalaman itu di tulisnya di dalam sebuah blog.

Jadi pada dasarnya mati karena tersedak itu rupanya bukan hal aneh, dan lumayan sering terjadi; minimal terjadinya tak terlalu langka.

Kenapa seseorang bisa mati tersedak ?

Dari yang saya baca, makanan dalam porsi besar yang langsung masuk ke kerongkongan akan bisa menempel pada bukaan trakea yang merupakan jalur keluar masuknya udara pernafasan. Ketika makanan dalam ukuran tertentu menempel pada bukaan trakea, trakea langsung menempel kuat dan menutup sehingga tak ada udara yang bisa lewat sama sekali baik yang masuk maupun keluar. 

Maka agar kejadian tersedak makanan yang bisa berujung kematian ini tak terjadi, maka mengunyah makanan adalah sangat penting, selain tentunya makan dengan tenang, tak sambil berbicara, dan kalau bisa duduk.


TAGS umum peristiwa


-

Search

Tulisan Baru