photo bannercreator-nu1_zpsuf9u53ms.gif

Pengalaman Menggunakan & Tips Agar Samsung Note7 Tidak Panas / Meledak

10 Oct 2016

Pengalaman memiliki smartphone samsung galaxy note 7 yang dikabarkan bermasalah ini akan saya utarakan disini berikut salah satu tips bagaimana agar handphone nya tidak panas (overheating) yang ditakutkan bisa berujung meledak; tips yang tentunya bisa dipertimbangkan dan berguna bagi yang sudah terlanjur memiliki samsung note 7; karena saya mengalami sendiri bagaimana saya sudah dua kali memakai note 7 yang berbeda karena pernah mengikuti program penggantian, dan dua-dua nya bermasalah semua, walaupun yang terakhir masih saya pakai saat ini.

Saya termasuk pengguna awal samsung note 7 walaupun note 7 belum masuk dan tak akan pernah masuk Indonesia terkait berita terakhir yang menyebutkan note 7 akan dihentikan produksi dan penjualan secara total di dunia. Ini dikarenakan saya membelinya di Singapore di minggu awal bulan September 2016, karena saya sendiri tinggal di Batam yang dekat Singapore.

Smartphone yang pernah mendapat review bagus terutama menyangkut teknologi layarnya ini, dan dengan begitu bombastisnya iklan-iklannya, membuat saya menanti-nantikan kehadirannya untuk menggantikan samsung note 3 saya yang sudah jadul. Saya cari-cari info, hingga akhirnya ketika di Singapore saya pun membelinya ketika ada bazar samsung note 7 di Orchard Road. Langsung saya beli tanpa pikir panjang, lengkap dengan charger wireless nya walau harus manambah pengeluaran biaya. Total di atas 12 juta lah semua kalau dirupiahkan.

Yang langsung saya coba pada samsung note 7 punya memori internal 64 GB dan masih bisa ditambahkan external memori ratusan GB ini adalah charger wireless nya. Kita bisa men-charge note 7 cukup dengan menempatkan nya di atas dudukan yang tersedia, tanpa perlu terhubung kabel. Saya pikir awalnya wireless charger ini bisa menyimpan listrik sama halnya dengan power bank, tetapi rupanya wireless charger nya harus selalu terhubung listrik agar bisa mencharge handphone yang ditarok di atasnya nya, sebuah fakta yang baru saya ketahui setelah berhari-hari galau, berpikir apakah wireless charger yang saya beli ini rusak, dan bahkan sempat membeli kabel baru dulu ke dealer samsung di indonesia agar cocok dengan spesifikasi fast charging nya. Yo wes… tak apa apa, tetap cool kok karena handphone nya tak perlu dicolok kabel unt mencharge walau wireless charger nya tetap perlu dicolok.

Kesan kedua adalah kamera nya. Hasil jepretannya keren. Ini adalah komentar yang dikeluarkan oleh teman saya. Teman saya ini yang malah pertama kali “memperawani” kamera samsung note 7 saya dengan menjepret sana sani dan mengambil foto selfie. Teman saya ini adalah pengguna iphone sejak dulu dan dia sendiri kagum dan berkata bahwa benar benar bagus hasil jepretan selfie nya padahal tanpa di edit, tapi sudah kayak camera 360. Dia pun langsung tertarik pengen beli juga. Belum lagi banyak fitur editan yang tersedia.

Kesan ketiga saya adalah smartphone nya lebih ringan dari note 3 saya dan dari segi tampilan juga lebih langsing dan lebih stylish. Teknologi layar lengkung nya barangkali di awal tak begitu terasa efeknya, cuma lama lama sekitar beberapa minggu baru kerasa bedanya di genggaman (ya… artinya tak begitu berpengaruh ke user seperti saya). Malah teknologi layar lengkung nya membuat anti gores yang dipasang tidak begitu lengket di pinggiran nya.

Kesan keempat adalah pulpen stylus nya yang lebih tipis dan ketika dipakai menulis atau mengores-gores di layar benar benar mirip pulpen sungguhan, sebuah peningkatan yang jauh tentunya dibandingkan note 3 saya.

Kesan kelima adalah tentunya di feature software handphone dan aplikasinya yang lebih enak dan nyaman atau ramah terhadap pengguna didukung software android terkini.

Dari yang saya bahas di atas, semua nya keren-keren kan..

Dan tak lupa juga kesan kelima, dan bagi saya ini sangat penting dan utama yakni teknologi layarnya yang super keren. Samsung note 7 secara otomatis menyesuaikan kecerahan layarnya mengikuti cahaya yang ada di sekitar. Memang sih ini ada di hampir semua smartphone, akan tetapi kehebatannya terlihat jelas ketika di bawah terik cahaya matahari di siang hari yang sangat panas terang benderang, dimana saya masih bisa melihat apa yang ada di layar note 7 dengan sangat jelas tanpa terganggu sama sekali dan tanpa perlu mengotak atik setingan handphone nya sama sekali. Berbeda dengan handphone handphone lain yang akan buram kalau melihat layar di cahaya terang walau sudah diubah tingkat kecerahannya. Bahkan di iphone sekalipun masih kesulitan, kata teman saya.

Bagus dan keren memang handphone ini.

Tapi memang sayang, persis seperti yang banyak diberitakan, note 7 yang saya miliki pertama kali setelah sehari digunakan mulai mengalami overheating atau sangat panas sekali. Lalu setelah itu sering hang, lalu setelah hang dia restart sendiri. Itu terjadi lagi, dan terjadi lagi dengan frekuensi yang makin sering, hingga pada akhirnya ketika sedang bermain Pokemon Go akhirnya dia hang total dan tak pernah bisa hidup lagi selamanya.

Waktu itu belum muncul berita adanya samsung note 7 yang overheating atau meledak. Maka saya pun inisiatif gimana membuka baterai nya. Mana tau dengan melepas baterai dan memasangnya kembali, note 7 saya bisa hidup lagi. Disini bedanya dengan note 3, dimana pada dasarnya baterai pada note 7 ini tak bisa dibuka casing belakangnya, mirip iphone lah sedikit. Akan tetapi karena ada video di youtube tentang cara membuka casing belakang note 7 dan melepas baterainya, saya pun mencoba. Dan hasilnya….crackkk…walaupun pakai alat bantu plastik saja, casing belakang nya retak, seretak-retaknya dengan sangat parah. hahahaa…Parah banget casing nya ternyata. Sangat sangat rapuh dan sensitif.

Panik karena saya pikir ini akan berakibat pada keabsahan garansi handphone nya, untungnya sehari setelahnya saya mulai baca berita kasus samsung note 7 meledak dan samsung melakukan penarikan produk (recall) disuruh dunia. Jadi note 7 saya ini pun bisa dikembalikan dan ditukar dengan note 7 baru yang akan bebas dari masalah baterai yang gampang panas. Dan untungnya casing belakang retak itu tak dipermasalahkan. Saya pun mendapat ganti samsung note 7 yang baru di Singapore sekitar 10 hari kemudian mengikuti jadwal yang ada setelah mendaftar.

Senang karena sekarang sudah ada ganti yang baru, yang dianggap sudah bebas masalah, saya pun girang. Apalagi sepertinya tidak ada muncul panas ketika saya pakai di hari pertama.

Tapi rupanya rasa senang itu hanya berlangsung sehari. Di hari kedua, handphone yang dianggap sudah aman dari masalah, malah terjadi overheating. Malah panasnya luar biasa. Handphone nya sudah ditarok di dalam sarung khusus handphone, dan lalu sarung handphone itu pun dimasukkan dalam tas samping.  Udah dua lapis itu kan ? Ternyata panasnya tetap terasa sampai ke kulit paha saya alias panasnya juga menembus celana. Luar biasa panasnya kan. Saya pun sampai takut dan mengibas-ngibasi hp nya di depan AC mobil lalu mematikannya. Saya pun galau, kok malah handphone nya masih parah begini ya.

Berulang kali handphone nya saya hidup mati, hidup mati. Lalu akhirnya karena nomor kartu sim saya harus selalu aktif karena penting untuk bisnis, terpaksa kartu sim nya saya keluarkan dan pindahkan ke handphone lain. Setelah lama dimatikan, samsung note 7 saya hidupkan lagi dan ternyata akhirnya dia tak panas lagi, Saya girang, karena saya pikir handphone samsung note 7 saya sudah bebas masalah, dan barangkali panas itu karena handphone baru keluar dari pabrik saja, dan saya pikir setelah ini tak akan muncul lagi panasnya.

Tapi pada akhirnya pembaca, saya baru sadar beberapa hari setelahnya bahwa samsung note 7 saya ini akan tetap panas kalau dipasangi sim card. Ketika dipasang sim card, dalam rentang 3 hingga 5 jam maka akan terjadi overheating dan pada akhirnya akan muncul panas luar biasa. Dan ketika samsung note 7 itu dilepas simcard atau kartu telpon nya, dan hanya digunakan dengan memakai fasilitas wifi (misalnya mengambil wifi hotspot dari smartphone saya yang lain untuk koneksi internetnya) maka samsung note 7 itu sama sekali tak panas. Bahkan adem seademnya, dan bebas menggunakan nya dengan aman, damai sentosa.

Tak heran di hari pertama saya memakai, tak terasa panas karena memang waktu itu masih memanfaatkan wifi hotspot handphone satu nya wkwkwk…

Kejadian panas nya samsung note 7 saya hasil penggantian ini terjadi jauh sebelum muncul pemberitaan bahwa note 7 yang seharusnya sudah diganti dan seharusnya bebas masalah ini ada lagi yang meledak. Cuma karena belum sempat ke Singapore saja makanya saya belum melaporkan.

Cuma sekarang setelah saya menyadari kelemahan smartphone ini dan setelah saya juga tau juga trik mengakali agar dia tak panas yakni dengan melepas sim card, saya tetap sayang dengan samsung note 7 ini. Terutama dengan kelebihan kelebihan yang sudah saya kemukakan di awal awal tulisan. Apalagi sekarang saya juga sadar kelebihan lain dari samsung note 7 jika tidak ada masalah overheating, yakni : baterai nya benar benar tahan lama, sedangkan pengisian baterai nya ketika di charge sangat cepat penuh.

Saya tidak tahu kalau trik melepas kartu sim atau kartu telepon dari samsung note 7 ini akan bisa berlaku bagi pengguna lain yang mengalami masalah yang sama.

Dan saya juga tak tau apa semisalnya mereka nyaman memakai handphone tanpa kartu sim seperti saya dimana lebih digunakan untuk internet baik untuk akses ke media sosial maupun browsing internet.

Tapi yang jelas pada intinya saya terlanjur jatuh hati pada samsung note 7. Setelah muncul berita bawa note 7 distop produksi dan penjualan secara total, saya hanya menantikan program apa yang akan dikeluarkan pihak samsung lagi. Apalagi mereka sudah mengeluarkan peringatan untuk tidak menghidupan samsung note 7 lagi.

Tapi bagi saya selama tidak memasukkan kartu sim, handphone ini benar benar adem alias dingin atau tak panas sama sekali walau dihidupkan non stop berhari hari dan di charge berulang-ulang. Jadi semisalnya mereka pada akhirnya menyuruh samsung note 7 ini nanti dikembalikan, saya harap bisa mendapat produk pengganti baru dengan nilai kualitas yang sama, karena saya terlanjur cinta dengan kelebihan yang ada di samsung note 7 walau tak bisa digunakan untuk menelpon dan sms. Dan jika samsung bisa keluar dan belajar banyak dari permasalahan ini, saya masih optimis akan kualitas produk samsung galaxy note 8 dan seterusnya.

 

 


TAGS peristiwa teknologi smartphone samsung note 7 gadget


-

Search

Tulisan Baru